home

Tuesday, December 13, 2011

Doa Sebagai Pondasi Impian EntrepreneurViews :113 TimesPDFCetakE-mail
Senin, 07 November 2011 14:14
ciputra2








Di malam hari yang gelap, manusia sesuai ritme alam diharapkan untuk berhenti bekerja. Tapi tidak demikian dengan saya. Malam hari selain dimanfaatkan untuk beristirahat juga bisa digunakan untuk membangun impian. Mungkin Anda bertanya bagaimana bisa membangun impian di malam hari saat kita sudah begitu lelah dengan pekerjaan di pagi dan siang hari hingga sorenya. 

Yang berbeda di malam hari yaitu bagaimana kita membangun impian kita secara spiritual, secara batin, bukan secara fisik atau kasat mata.Kita bisa membangun impian ini dengan mengucapkan doa dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Sering saya masih terjaga di malam hari hingga pukul 11 malam sementara tubuh sudah lelah bekerja di siang harinya. Di saat-saat sunyi nan khidmat seperti inilah saya bisa mengucapkan doa dengan lebih khusyuk. Saya bersyukur dengan seluruh karunia yang diberikan-Nya dari awal kehidupan saya hingga saat ini berusia lanjut. 

Manusia mungkin lebih sering lupa untuk berdoa saat ia berada di puncak keberhasilan. Ia lebih sering ingat Tuhan saat kehidupannya terisi kesedihan, tragedi, dan semacamnya. Tapi dengan semakin bertambahnya usia, kita makin menyadari bahwa doa yang tak pernah putus sepanjang usia itu seperti pondasi bagi bangunan impian kita dengan kerja keras kita sebagai semen dan batubatanya. Pondasi doa memang tidak nampak tetapi pengaruhnya pada keberhasilan kita sungguh tak terhingga.

Berdoa sepanjang hari terutama sebelum tidur dan selepas bangun pagi saya jadikan sebagai bagian rutinitas wajib. Kebiasaan ini saya sebarkan pada anggota-anggota keluarga saya, seperti anak-anak, cucu-cucu, dan sebagainya. 

Satu hal yang saya yakini tentang doa adalah saat kita melakukan sebuah tindakan yang dilandasi dengan berkat dari Tuhan, bisa dipastikan hasilnya tidak hanya akan menguntungkan diri kita pribadi tetapi juga berguna bagi masyarakat luas. 

No comments:

Post a Comment